Minggu, 05 Mei 2013

RPP PENDIDIKAN EKONOMI SMA

UNIVERSITAS KANJURUHUAN MALANG


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Matapelajaran             : Ekonomi
Sekolah                         : SMA Negeri ABC Malang
Kelas / Semester          : X / II (Dua)           
Alokasi Waktu             : 4 x 45 menit (4 Pertemuan)

Standar Kompetensi :
.               Memahami pengelolaan Koperasi dan Kewirausahaan
Kompetensi Dasar :                                       
Menghitung pembagian SHU ( sisa hasil usaha )

Indikator:
  1. Mendeskripsikan pengertian uang
  2. Mengidentifikasi fungsi uang
  3. Menyebutkan jenis uang
  4. Mendeskripsikan definisi jumlah uang yang beredar
  5. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah uang beredar
  6. Mengemukakan hubungan antara jumlah uang beredar dan inflasi
  7. Mendeskripsikan definisi permintaan uang
  8.  Mendeskripsikan definisi penawaran uang
  9. Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang
  10. Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang
  11. Menjelaskan skedul penawaran uang

I.      Tujuan Pembelajaran :
  1. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian uang
  2. Siswa dapat mengidentifikasi fungsi uang
  3. Siswa dapat menyebutkan jenis uang
  4. Siswa dapat mendeskripsikan definisi jumlah uang yang beredar
  5. Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah uang beredar
  6. Siswa dapat mengemukakan hubungan antara jumlah uang beredar dan inflasi
  7. Siswa dapat mendeskripsikan definisi permintaan  uang
  8. Siswa dapat mendeskripsikan definisi  penawaran uang
  9. Siswa dapat menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang
  10. Siswa dapat menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang
  11. Siswa dapat menjelaskan skedul penawaran uang
II. Materi Ajar
  1. Definisi Uang
  2. Fungsi Uang
  3. Jenis Uang
  4. Definisi Jumlah Uang yang Beredar
  5. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang Beredar
  6. Hubungan antara Jumlah Uang yang Beredar dan Inflasi
  7. Definisi Permintaan dan Penawaran Uang serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Uang
  8. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Uang
  9. Skedul Penawaran Uang
III. Model dan Metode Pembelajaran
Model                    : Quatum Learning
                                      Metode                   : Peta pikiran (mind mapping), diskusi, dan Word Square
IV. Langkah-langkap Pembelajaran:
Pertemuan pertama (1 x 45 menit)

Kegiatan awal (5 menit)
1.     Guru membuka kelas dengan memberi salam dan siswa menjawab salam
2.     Menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif untuk membangkitkan minat siswa dengan mengecek kehadiran dan kondisi siswa dan kelas.
3.     Guru meminta siswa untuk mengeluarkan contoh uang.
4.     Guru bertanya kepada siswa apa pendapat mereka tentang definisi uang.
5.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
Kegiatan inti (35 menit) (fokuskan pada aktivitas siswa)
1.     Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian uang dan fungsi uang melalui peta pikiran (mind mapping) yang ditayangkan dalam slide.
2.     Guru menjelaskan materi tentang pengertian uang dan fungsi uang melalui peta pikiran (mind mapping) yang ditayangkan dalam slide.
3.     Guru membagi siswa ke dalam kelompok dimana satu kelompok terdiri dari 4 orang. Jumlah siswa dalam satu kelas berjumlah 28 orang sehingga kelompok yang ada berjumlah 7 kelompok.
4.     Siswa diminta duduk bergabung dengan anggota kelompoknya masing-masing.
5.     Guru membagikan kertas HVS dan petunjuk pembuatan peta pikiran pada masing-masing kelompok.
6.     Guru meminta siswa secara berkelompok untuk membuat peta pikiran pada kertas yang sudah dibagikan dengan materi kelompok meliputi:
§  Kelompok 1    : Jenis Uang
§  Kelompok 2    : Definisi Jumlah Uang yang Beredar
§  Kelompok 3    : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang Beredar
§  Kelompok 4    : Hubungan antara Jumlah Uang yang Beredar dan Inflasi
§            Kelompok 5   : Definisi Permintaan dan Penawaran Uang serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Uang
§  Kelompok 6    : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Uang
§  Kelompok 7    : Skedul Penawaran Uang
7.     Selama proses pembelajaran berlangsung, pembelajaran dilakukan dengan iringan musik klasik.
8.     Guru memantau masing-masing kelompok dan memberikan bimbingan kepada siswa mengenai peta pikiran yang mereka buat.
Kegiatan akhir (5 menit)
1.     Guru memberi tugas (pekerjaan rumah) kepada masing-masing kelompok untuk memindahkan peta pikiran yang mereka buat di kertas ke dalam bentuk slide yang pada pertemuan selanjutnya akan dipresentasikan.
2.     Salam penutup.

Pertemuan Kedua (1 x 45 menit)

Kegiatan awal (3 menit)       
1.     Guru membuka kelas dengan memberi salam dan siswa menjawab salam
2.     Menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif untuk membangkitkan minat siswa dengan mengecek kehadiran dan kondisi siswa dan kelas.
3.     Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam pembelajaran.
Kegiatan inti (40 menit)
1.     Guru menjelaskan tata cara presentasi kelompok dimana masing-masing kelompok mempunyai waktu presentasi dan tanya jawab selama 10 menit.
2.     Masing-masing kelompok melalui perwakilannya diminta mempresentasikan peta pikiran yang mereka buat.
3.     Presentasi kelompok dari kelompok 1 – kelompok 4.
4.     Guru memberikan tanggapan terhadap presentasi siswa, tanggapan bisa berupa pelurusan dari penjelasan siswa yang kurang tepat dan tambahan materi dari apa yang siswa belum jelaskan.
Kegiatan akhir (2 menit)
1.     Guru menginformasikan bahwa presentasi akan dilanjutkan pada pertemuan selanjutnya.
2.     Salam penutup.

Pertemuan Ketiga (1 x 45 menit)

Kegiatan awal (2 menit)
1.     Guru membuka kelas dengan memberi salam dan siswa menjawab salam
2.     Menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif untuk membangkitkan minat siswa dengan mengecek kehadiran dan kondisi siswa dan kelas.
3.     Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam pembelajaran.
Kegiatan inti (40 menit)
1.     Presentasi kelompok dari kelompok 5 – kelompok 7.
2.     Guru memberikan tanggapan terhadap presentasi siswa, tanggapan bisa berupa pelurusan dari penjelasan siswa yang kurang tepat dan tambahan materi dari apa yang siswa belum jelaskan.
3.     Guru memberikan permainan (games) berupa permainan acak kata (word square) sebagai evaluasi awal dan penyegaran (refresh) untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Pelaksanaan permainan (games) ini pun dengan diiringi musik klasik.
Kegiatan akhir (3 menit)
1.     Guru dan siswa secara bersama menyimpulkan pelajaran pada bab ini
2.     Siswa sesuai dengan kelompoknya masing-masing diberi pekerjaan rumah untuk merangkum materi Bab Uang dalam bentuk peta pikiran berupa hasil ketikan (print out).
3.     Guru meminta soft file peta pikiran (tugas 1 dan tugas 2) yang dibuat oleh semua kelompok dikumpulkan dalam satu keping CD.
4.     Guru menginformasikan bahwa pada pertemuan selanjutnya akan diadakan tes formatif.
5.     Salam penutup
Pertemuan Keempat (1 x 45 menit)

Kegiatan awal (3 menit)
1.     Guru membuka kelas dengan memberi salam dan siswa menjawab salam
2.     Menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif untuk membangkitkan minat siswa dengan mengecek kehadiran dan kondisi siswa dan kelas.
3.     Guru meminta siswa mengumpulkan tugas yang telah diberikan.
4.     Guru menyampaikan aturan pengerjaan soal dalam tes formatif.
Kegiatan inti (40 menit)
1.     Guru membagikan soal dan meminta agar siswa mengerjakan secara mandiri untuk menunjukkan apa yang telah siswa pelajari selama proses pembelajaran berlangsung.
2.     Guru bersama peneliti mengawasi dengan baik agar tes hasil belajar dapat mencerminkan kemampuan mereka dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal dengan tertib dan tenang.
Kegiatan akhir (2 menit)
1.     Guru bersama peneliti meminta lembar jawab siswa.
2.     Guru mengumumkan kelompok terbaik.
3.     Guru meminta siswa mempersiapkan diri untuk materi selanjutnya.
4.     Salam penutup.

V. Media, dan Sumber Belajar:
                                      Media                     : Papan Tulis, alat tulis, komputer, dan LCD
Sumber Belajar      : LKS MGMP dan buku Ekonomi kelas X  sebagai referensi.
VI.    Penilaian
·       Prosedur                :  Proses dan hasil
·       Teknik                   :  Tes dan non tes
·       Jenis                      :  Tes lisan dan pengamatan
·                                                                Alat                 :  Soal, lembar penilaian proses dan lembar penilaian evaluasi
VII.         Lampiran
1.     Rangkuman materi
2.     Soal tugas mandiri
3.     Kunci jawaban
4.     Kriteria ketuntasan minimal
5.     Lembar penilaian proses
6.     Evaluasi Hasil Belajar
7.     Analisis Hasil Evaluasi Belajar

Malang, 26 Maret 2012
      Kepala Sekolah                                                                 Guru Kelas,
      SMAN ABC  Malang,

      Dra. Agustina Salsabila, M.Si                                          Ni’matul Makhfiroh, S.Pd.



























Lampiran 1
Ringkasan Materi

Lampiran 2
Soal tugas mandiri
Lampiran 3

Kunci jawaban

Pedoman penskoran
Jawaban salah = 5
Jawaban mendekati benar = 15
Jawaban benar = 20


















Lampiran 4
Kriteria Kelulusan Minimal (KKM)
SMAN ABC Malang
Matapelajaran Ekonomi

SK
KD
Kompleksitas
Sumber Daya pendukung
KKM
Ket
Pendidik
Sarana/
media
Indeks Potensi
40 - 100
40 - 100
40 - 100
40 - 100
%
Memahami
konsep uang dan lembaga keuangan

Kemampuan menganalisis uang yang beredar dalam masyarakat


60
85
70

75
Apabila nilai ≥ 75 maka siswa dinyatakan tuntas dalam pembelajaran














Lampiran 5

Lembar Penilaian Proses
Matapelajaran Ekonomi
Kegiatan pembelajaran                                                          Tanggal  :  15 Juni 2011
Model : Quatum Learning                                                     Kelas      :  ...................................
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah / Rata-rata
Keaktifan
Kerjasama
Ketepatan
     1.           
Ade Laksmana




     2.           
Bias Rahadian




     3.           
Dewi Sartika




     4.           
Diah Lanilusiati




     5.           
Etty Kusuma Wardani




     6.           
Nyssa Aulia




     7.           
Rizky Saifullah




     8.           
Safira Indah




     9.           
Totok Sulistiawan




  10.           
Zanuar Danuarto








Lampiran 6

Evaluasi Hasil Belajar
Matapelajaran Ekonomi
Kelas   :  ..............................                                                   Semester         :  ..........................
No
Nama Siswa
Nilai
KKM
Ket (tuntas/       tidak tuntas)
Proses
Nilai Tulis
Nilai Akhir
     1.           
Ade Laksmana


75
75
tuntas
     2.           
Bias Rahadian



75

     3.           
Dewi Sartika



75

     4.           
Diah Lanilusiati



75

     5.           
Etty Kusuma Wardani



75

     6.           
Nyssa Aulia



75

     7.           
Rizky Saifullah



75

     8.           
Safira Indah



75

     9.           
Totok Sulistiawan



75

  10.           
Zanuar Danuarto



75














Lampiran 7
Analisis Hasil Evaluasi Belajar

Matapelajaran :
Kelas               :
Materi Pokok  :
Tanggal           :
KKM               :

No
Nama Siswa
Nilai Akhir
% Keberhasilan
Tindak Lanjut
Ket (T/TT)
Perbaikan
Pengayaan
1
Ade Laksmana
75
75

v
T
2
Bias Rahadian Surya





3
Dewi Sartika





4
Diah Lanilusiati





5
Etty Kusuma Wardani





6
Nyssa Aulia Salsabila





7
M. Rizky Saifullah





8
Safira Indah Puspita





9
Totok Sulistiawan





10
Zanuar Danuarto






Kesimpulan:
            Jumlah siswa  :            orang
            Perbaikan        :            orang
            Pengayaan       :            orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar