RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Matapelajaran : Ekonomi
Sekolah : SMA Negeri ABC Malang
Kelas / Semester : X / II (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (4 Pertemuan)
Standar Kompetensi :
. Memahami
pengelolaan Koperasi dan Kewirausahaan
Kompetensi Dasar :
Menghitung pembagian SHU ( sisa hasil usaha )
Indikator:
- Mendeskripsikan pengertian uang
- Mengidentifikasi fungsi uang
- Menyebutkan jenis uang
- Mendeskripsikan definisi jumlah uang yang beredar
- Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah uang beredar
- Mengemukakan hubungan antara jumlah uang beredar dan inflasi
- Mendeskripsikan definisi permintaan uang
- Mendeskripsikan definisi penawaran uang
- Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang
- Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang
- Menjelaskan skedul penawaran uang
I.
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat mendeskripsikan pengertian uang
- Siswa dapat mengidentifikasi fungsi uang
- Siswa dapat menyebutkan jenis uang
- Siswa dapat mendeskripsikan definisi jumlah uang yang beredar
- Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah uang beredar
- Siswa dapat mengemukakan hubungan antara jumlah uang beredar dan inflasi
- Siswa dapat mendeskripsikan definisi permintaan uang
- Siswa dapat mendeskripsikan definisi penawaran uang
- Siswa dapat menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang
- Siswa dapat menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran uang
- Siswa dapat menjelaskan skedul penawaran uang
II. Materi Ajar
- Definisi Uang
- Fungsi Uang
- Jenis Uang
- Definisi Jumlah Uang yang Beredar
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang Beredar
- Hubungan antara Jumlah Uang yang Beredar dan Inflasi
- Definisi Permintaan dan Penawaran Uang serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Uang
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Uang
- Skedul Penawaran Uang
III. Model dan Metode Pembelajaran
Model : Quatum Learning
Metode : Peta pikiran (mind mapping), diskusi, dan Word Square
IV. Langkah-langkap Pembelajaran:
Pertemuan pertama (1 x 45 menit)
Kegiatan awal (5 menit)
1. Guru membuka kelas dengan memberi salam
dan siswa menjawab salam
2. Menciptakan situasi pembelajaran yang
kondusif untuk membangkitkan minat siswa dengan mengecek kehadiran dan kondisi
siswa dan kelas.
3. Guru meminta siswa untuk mengeluarkan
contoh uang.
4. Guru bertanya kepada siswa apa pendapat
mereka tentang definisi uang.
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
hari ini.
Kegiatan inti
(35 menit) (fokuskan pada aktivitas siswa)
1. Siswa mendengarkan penjelasan
guru tentang
pengertian uang dan fungsi uang melalui peta pikiran (mind mapping) yang
ditayangkan dalam slide.
2. Guru menjelaskan materi
tentang pengertian uang dan fungsi uang melalui peta pikiran (mind mapping)
yang ditayangkan dalam slide.
3. Guru membagi siswa ke dalam kelompok
dimana satu kelompok terdiri dari 4 orang. Jumlah siswa dalam satu kelas
berjumlah 28 orang sehingga kelompok yang ada berjumlah 7 kelompok.
4. Siswa diminta duduk bergabung dengan
anggota kelompoknya masing-masing.
5. Guru membagikan kertas HVS dan petunjuk
pembuatan peta pikiran pada masing-masing kelompok.
6. Guru meminta siswa secara berkelompok
untuk membuat peta pikiran pada kertas yang sudah dibagikan dengan materi
kelompok meliputi:
§ Kelompok 1 :
Jenis Uang
§ Kelompok 2 :
Definisi Jumlah Uang yang Beredar
§ Kelompok 3 :
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Uang Beredar
§ Kelompok 4 :
Hubungan antara Jumlah Uang yang Beredar dan Inflasi
§
Kelompok
5 : Definisi Permintaan dan Penawaran
Uang serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Uang
§ Kelompok 6 :
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Uang
§ Kelompok 7 :
Skedul Penawaran Uang
7. Selama proses pembelajaran
berlangsung, pembelajaran dilakukan dengan iringan musik klasik.
8. Guru memantau masing-masing kelompok dan
memberikan bimbingan kepada siswa mengenai peta pikiran yang mereka buat.
Kegiatan akhir (5 menit)
1.
Guru memberi tugas (pekerjaan rumah) kepada masing-masing
kelompok untuk memindahkan peta pikiran yang mereka buat di kertas ke dalam
bentuk slide yang pada pertemuan selanjutnya akan dipresentasikan.
2.
Salam penutup.
Pertemuan Kedua (1 x 45 menit)
Kegiatan awal (3 menit)
1. Guru membuka kelas dengan memberi salam
dan siswa menjawab salam
2. Menciptakan situasi pembelajaran yang
kondusif untuk membangkitkan minat siswa dengan mengecek kehadiran dan kondisi
siswa dan kelas.
3. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang
akan dilakukan dalam pembelajaran.
Kegiatan inti
(40 menit)
1. Guru menjelaskan tata cara presentasi
kelompok dimana masing-masing kelompok mempunyai waktu presentasi dan tanya
jawab selama 10 menit.
2. Masing-masing kelompok melalui
perwakilannya diminta mempresentasikan peta pikiran yang mereka buat.
3. Presentasi kelompok dari kelompok 1 –
kelompok 4.
4. Guru memberikan tanggapan terhadap
presentasi siswa, tanggapan bisa berupa pelurusan dari penjelasan siswa yang
kurang tepat dan tambahan materi dari apa yang siswa belum jelaskan.
Kegiatan akhir (2 menit)
1. Guru menginformasikan bahwa presentasi
akan dilanjutkan pada pertemuan selanjutnya.
2. Salam penutup.
Pertemuan Ketiga (1 x 45 menit)
Kegiatan awal (2 menit)
1. Guru membuka kelas dengan memberi salam
dan siswa menjawab salam
2. Menciptakan situasi pembelajaran yang
kondusif untuk membangkitkan minat siswa dengan mengecek kehadiran dan kondisi
siswa dan kelas.
3. Guru menyampaikan rencana kegiatan yang
akan dilakukan dalam pembelajaran.
Kegiatan inti (40 menit)
1. Presentasi kelompok dari kelompok 5 –
kelompok 7.
2. Guru memberikan tanggapan terhadap
presentasi siswa, tanggapan bisa berupa pelurusan dari penjelasan siswa yang
kurang tepat dan tambahan materi dari apa yang siswa belum jelaskan.
3. Guru memberikan permainan (games) berupa
permainan acak kata (word square) sebagai evaluasi awal dan penyegaran (refresh)
untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan.
Pelaksanaan permainan (games) ini pun dengan diiringi musik klasik.
Kegiatan akhir (3 menit)
1. Guru dan siswa secara bersama menyimpulkan
pelajaran pada bab ini
2. Siswa sesuai dengan kelompoknya
masing-masing diberi pekerjaan rumah untuk merangkum materi Bab Uang dalam
bentuk peta pikiran berupa hasil ketikan (print out).
3. Guru meminta soft
file peta pikiran (tugas 1 dan tugas 2) yang dibuat oleh semua kelompok
dikumpulkan dalam satu keping CD.
4. Guru
menginformasikan bahwa pada pertemuan selanjutnya akan diadakan tes formatif.
5. Salam penutup
Pertemuan Keempat (1 x 45 menit)
Kegiatan awal (3 menit)
1. Guru membuka kelas dengan memberi salam
dan siswa menjawab salam
2. Menciptakan situasi pembelajaran yang
kondusif untuk membangkitkan minat siswa dengan mengecek kehadiran dan kondisi
siswa dan kelas.
3. Guru meminta siswa mengumpulkan tugas yang
telah diberikan.
4. Guru menyampaikan aturan pengerjaan soal
dalam tes formatif.
Kegiatan inti (40 menit)
1.
Guru membagikan soal dan meminta agar siswa mengerjakan
secara mandiri untuk menunjukkan apa yang telah siswa pelajari selama proses
pembelajaran berlangsung.
2.
Guru bersama peneliti mengawasi dengan baik agar tes
hasil belajar dapat mencerminkan kemampuan mereka dan memberikan kesempatan
kepada siswa untuk mengerjakan soal dengan tertib dan tenang.
Kegiatan akhir (2 menit)
1. Guru bersama peneliti meminta lembar jawab
siswa.
2. Guru mengumumkan kelompok terbaik.
3. Guru meminta siswa mempersiapkan diri
untuk materi selanjutnya.
4.
Salam penutup.
V. Media, dan Sumber Belajar:
Media : Papan Tulis, alat tulis, komputer, dan LCD
Sumber Belajar : LKS MGMP dan buku
Ekonomi kelas X sebagai referensi.
VI.
Penilaian
· Prosedur : Proses dan hasil
· Teknik : Tes dan non tes
· Jenis : Tes lisan dan pengamatan
·
Alat : Soal, lembar penilaian proses dan lembar
penilaian evaluasi
VII.
Lampiran
1. Rangkuman
materi
2. Soal
tugas mandiri
3. Kunci
jawaban
4. Kriteria
ketuntasan minimal
5. Lembar
penilaian proses
6. Evaluasi
Hasil Belajar
7. Analisis
Hasil Evaluasi Belajar
Malang, 26 Maret 2012
Kepala Sekolah Guru Kelas,
SMAN ABC Malang,
Dra. Agustina Salsabila, M.Si Ni’matul Makhfiroh,
S.Pd.
Lampiran 1
Ringkasan Materi
Lampiran 2
Soal tugas
mandiri
Lampiran 3
Kunci jawaban
Pedoman penskoran
Jawaban salah = 5
Jawaban mendekati benar = 15
Jawaban benar = 20
Lampiran 4
Kriteria Kelulusan
Minimal (KKM)
SMAN ABC Malang
Matapelajaran Ekonomi
SK
|
KD
|
Kompleksitas
|
Sumber Daya pendukung
|
KKM
|
Ket
|
||
Pendidik
|
Sarana/
media
|
Indeks Potensi
|
|||||
40 - 100
|
40 - 100
|
40 - 100
|
40 - 100
|
%
|
|||
Memahami
konsep uang dan
lembaga keuangan
|
Kemampuan menganalisis
uang yang beredar dalam masyarakat
|
60
|
85
|
70
|
75
|
Apabila nilai ≥ 75 maka siswa dinyatakan tuntas dalam pembelajaran
|
Lampiran 5
Lembar Penilaian
Proses
Matapelajaran Ekonomi
Kegiatan pembelajaran Tanggal : 15 Juni 2011
Model : Quatum Learning Kelas : ...................................
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah / Rata-rata
|
||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Ketepatan
|
|||
1.
|
Ade Laksmana
|
||||
2.
|
Bias Rahadian
|
||||
3.
|
Dewi Sartika
|
||||
4.
|
Diah Lanilusiati
|
||||
5.
|
Etty Kusuma Wardani
|
||||
6.
|
Nyssa Aulia
|
||||
7.
|
Rizky Saifullah
|
||||
8.
|
Safira Indah
|
||||
9.
|
Totok Sulistiawan
|
||||
10.
|
Zanuar Danuarto
|
Lampiran 6
Evaluasi Hasil Belajar
Matapelajaran Ekonomi
Kelas : .............................. Semester :
..........................
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
KKM
|
Ket (tuntas/ tidak tuntas)
|
||
Proses
|
Nilai Tulis
|
Nilai Akhir
|
||||
1.
|
Ade Laksmana
|
75
|
75
|
tuntas
|
||
2.
|
Bias Rahadian
|
75
|
||||
3.
|
Dewi Sartika
|
75
|
||||
4.
|
Diah Lanilusiati
|
75
|
||||
5.
|
Etty Kusuma Wardani
|
75
|
||||
6.
|
Nyssa Aulia
|
75
|
||||
7.
|
Rizky Saifullah
|
75
|
||||
8.
|
Safira Indah
|
75
|
||||
9.
|
Totok Sulistiawan
|
75
|
||||
10.
|
Zanuar Danuarto
|
75
|
Lampiran 7
Analisis Hasil
Evaluasi Belajar
Matapelajaran :
Kelas :
Materi Pokok :
Tanggal :
KKM :
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Akhir
|
% Keberhasilan
|
Tindak Lanjut
|
Ket (T/TT)
|
|
Perbaikan
|
Pengayaan
|
|||||
1
|
Ade Laksmana
|
75
|
75
|
v
|
T
|
|
2
|
Bias Rahadian Surya
|
|||||
3
|
Dewi Sartika
|
|||||
4
|
Diah Lanilusiati
|
|||||
5
|
Etty Kusuma Wardani
|
|||||
6
|
Nyssa Aulia Salsabila
|
|||||
7
|
M. Rizky Saifullah
|
|||||
8
|
Safira Indah Puspita
|
|||||
9
|
Totok Sulistiawan
|
|||||
10
|
Zanuar Danuarto
|
Kesimpulan:
Jumlah siswa : orang
Perbaikan : orang
Pengayaan : orang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar