SILABUS
A. Identitas
|
||||||||
1. Nama Mata Kuliah
|
:
|
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
||||||
2. Sandi Mata
Kuliah
|
||||||||
3. SKS/JS
|
:
|
3/3
|
||||||
4. Prasarat
|
:
|
|||||||
B. Standar Kompetensi
|
:
|
Setelah menyelesaikan matakuliah ini mahasiswa dapat memahami konsep dasar
kurikulum berbasis kompetensi,
pengembangan kurikulum berbasis kompetensi, model-model pembelajaran,
pengembangan silabus, dan perencanaan pembalajaran berbasisi kompetensi,
serta mampu mengaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah
|
||||||
C. Buku Rujukan
|
:
|
1.
Martinus Yamin, 2007,
Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta, Gaung Presada Press.
2.
Mansur Muslich, 2007,
KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstektual, Jakarta, PT.
BumiuAksara.
3.
Oemar Hamalik, 2003,
Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta, PT. Bumi
Aksara.
4.
Sudjana, 2005,
Strategi Pembelajaran, Bandung, Falah Production.
5.
Sugiyanto, 2010,
Model-model Pembalajaran Inovatif, Surakarta, FKIP UNS.
6.
Wina Sanjaya, 2005,
Pembelajaran dalam Implementasi KBK, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
|
||||||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi
|
Alokasi Waktu
|
Sumber / Alat / Bahan
|
Penilaian
|
||
Memahami konsep dasar kurikulum berbasis kompetensi
|
1.
Medefinisikan
pengertian KBK
2.
Menjelaskan latar
belakang munculnya KBK
3.
Menjelaskan
karakteristik KBK
4.
Menjelaskan tujuan KBK
5. Menjelaskan peranan guru dalam implementasi KBK
|
·
Ceramah, Menjelaskan
·
Diskusi dan Tanya
Jawab
|
Konsep Dasar KBK
|
2
Kali
pertemuan
|
Sumber
:
Media :
Blackboard
Laptop
|
Portofolio,
tes esai,
kuis.
|
||
Memahami pengembangan KBK
|
1. Mendefinisikan pembelajaran berbasis kompetensi
2. Menjelaskan sosok KBK
3. Menjelaskan sosok KTSP
4. Membedakan antara KBK dengan KTSP
|
·
Ceramah, Menjelaskan
·
Diskusi dan Tanya
Jawab
|
Pengembangan
KBK
|
2
Kali
pertemuan
|
Portofolio,
tes esai,
kuis.
|
|||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi
|
Alokasi Waktu
|
Sumber / Alat / Bahan
|
Penilaian
|
Memahami model-model pembelajaran
|
1. Menjelaskan model pembelajaran konstektual
2. Menjelaskan model pembelajaran Kooperatif
3. Menjelaskan model pembelajaran berbasis masalah
|
·
Ceramah, Menjelaskan
·
Diskusi dan Tanya
Jawab
|
Model-model
Pembelajaran
|
3
Kali
pertemuan
|
Portofolio,
tes esai,
kuis.
|
|
UTS
|
||||||
Memahami pengembangan silabus
|
1.
Menjelaskan landasan pengembangan silabus
2.
Mendefinisikan pengertian silabus
3.
Menjelaskan prinsip pengembangan silabus
4.
Menjelaskan tahapan pengembangan silabus
5.
Menjelaskan komponen-komponen silabus
6.
Menjelaskan langka-langkah pengembangan silabus
7.
Menyusun silabus
|
·
Ceramah, Menjelaskan
·
Diskusi dan Tanya
Jawab
·
Kelompok I, II, II,
dan IV mempresentasikan tugasnya
|
Pengembangan Silabus
|
4
Kali
pertemuan
|
Portofolio,
Keaktifan dalam diskusi kelas
|
|
Memahami perencanaan pembalajaran berbasisi
kompetensi
|
1. Menjelaskan landasan RPP
2. Mendefinisikan RPP
3. Menjelaskan lingkup RPP
4. Menjelaskan tujuan
penyusunan RPP
5. Menjelaskan alur RPP
6. Menjelaskan
langkah-langkah pennyusunan RPP
7. Menyusun RPP
|
·
Ceramah, Menjelaskan
·
Diskusi dan Tanya
Jawab
·
Kelompok V, VI, VII,
dan VIII mempresentasikan tugasnya
|
Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi
|
3
Kali
pertemuan
|
Portofolio,
Keaktifan dalam diskusi kelas
|
|
UAS
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar