Minggu, 05 Mei 2013

SILABUS PERENCANAAN PEMBELAJARAN

UNIVERSITAS KANJURUHUAN MALANG

SILABUS

A. Identitas


1. Nama Mata Kuliah
:
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
2. Sandi  Mata Kuliah


3. SKS/JS
:
3/3
4. Prasarat
:

B. Standar Kompetensi
:
Setelah menyelesaikan matakuliah ini  mahasiswa dapat memahami konsep dasar kurikulum berbasis kompetensi,  pengembangan kurikulum berbasis kompetensi, model-model pembelajaran, pengembangan silabus, dan perencanaan pembalajaran berbasisi kompetensi, serta mampu mengaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah


C. Buku Rujukan
:
1.         Martinus Yamin, 2007, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta, Gaung Presada Press.
2.         Mansur Muslich, 2007, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstektual, Jakarta, PT. BumiuAksara.
3.         Oemar Hamalik, 2003, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta, PT. Bumi Aksara.
4.         Sudjana, 2005, Strategi Pembelajaran, Bandung, Falah Production.
5.         Sugiyanto, 2010, Model-model Pembalajaran Inovatif, Surakarta, FKIP UNS.
6.         Wina Sanjaya, 2005, Pembelajaran dalam Implementasi KBK, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi
Alokasi Waktu
Sumber / Alat / Bahan
Penilaian
Memahami konsep dasar kurikulum berbasis kompetensi
1.    Medefinisikan pengertian KBK
2.    Menjelaskan latar belakang munculnya KBK
3.    Menjelaskan karakteristik KBK
4.    Menjelaskan tujuan KBK
5.    Menjelaskan peranan guru dalam implementasi KBK
·        Ceramah, Menjelaskan
·        Diskusi dan Tanya Jawab

Konsep Dasar KBK


2 Kali
pertemuan
Sumber :

Media :
Blackboard
Laptop

Portofolio,
tes esai,
kuis.
Memahami pengembangan KBK
1.     Mendefinisikan pembelajaran berbasis kompetensi
2.     Menjelaskan sosok KBK
3.     Menjelaskan sosok KTSP
4.     Membedakan antara KBK dengan KTSP
·        Ceramah, Menjelaskan
·        Diskusi dan Tanya Jawab

Pengembangan KBK

2 Kali
pertemuan

Portofolio,
tes esai,
kuis.












Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi
Alokasi Waktu
Sumber / Alat / Bahan
Penilaian
Memahami model-model pembelajaran
1.     Menjelaskan model pembelajaran konstektual
2.     Menjelaskan model pembelajaran Kooperatif
3.     Menjelaskan model pembelajaran berbasis masalah
·        Ceramah, Menjelaskan
·        Diskusi dan Tanya Jawab

Model-model Pembelajaran

3 Kali
pertemuan

Portofolio,
tes esai,
kuis.
UTS
Memahami pengembangan silabus

1.     Menjelaskan landasan pengembangan silabus
2.      Mendefinisikan pengertian silabus
3.      Menjelaskan prinsip pengembangan silabus
4.      Menjelaskan tahapan pengembangan silabus
5.      Menjelaskan komponen-komponen silabus
6.      Menjelaskan langka-langkah pengembangan silabus
7.      Menyusun silabus

·        Ceramah, Menjelaskan
·        Diskusi dan Tanya Jawab
·        Kelompok I, II, II, dan IV mempresentasikan tugasnya

Pengembangan Silabus

4 Kali
pertemuan

Portofolio,
Keaktifan dalam diskusi kelas
Memahami perencanaan pembalajaran berbasisi kompetensi

1.   Menjelaskan landasan RPP
2.   Mendefinisikan RPP
3.   Menjelaskan lingkup RPP
4. Menjelaskan tujuan penyusunan RPP
5.    Menjelaskan alur RPP
6. Menjelaskan langkah-langkah pennyusunan RPP
7.   Menyusun RPP
·        Ceramah, Menjelaskan
·        Diskusi dan Tanya Jawab
·        Kelompok V, VI, VII, dan VIII mempresentasikan tugasnya

Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi
3 Kali
pertemuan

Portofolio,
Keaktifan dalam diskusi kelas
UAS



Tidak ada komentar:

Posting Komentar